Search This Blog

Thursday, April 5, 2012

Penyaringan untuk Menjernihkan Air

Diposkan oleh Nida Shafiyanti di 6:09 AM

BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Kebutuhan akan air bersih di daerah pedesaan dan pinggirankota untuk air minum, memasak , mencuci dan sebagiannya harus diperhatikan. Cara penjernihan air perlu diketahui karena semakin banyak sumber air yang tercemar limbah rumah tangga maupun limbah industri.
Cara penjernihan air baik secara alami maupun kimiawi akan diuraikan dalam bab ini. Cara-cara yang disajikan dapat digunakan di desa karena bahan dan alatnya mudah didapat. Bahan-bahannya anatara lain batu, pasir, kerikil, arang tempurung kelapa, arang sekam padi, tanah liat, ijuk, kaporit, kapur, tawas, biji kelor dan lain-lain.
Berdasarkan uraian tersebut, kami selaku penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang dituangkan dalam makalah ini dengan judul “Penyaringan untuk Menjernihkan Air.

1.    2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka penulis mencoba merumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah cara untuk menanggulangi air bersih yang semakin sedikit?
2.      Apa saja kekurangan dan kelebihan penjernihan air?

1. 3      Batasan masalah
Mengingat keterbatasan pengetahuan dan waktu yang penulis miliki serta banyaknya cara untuk menjernihkan air, maka permasalahan di atas akan dibatasi ruang lingkupnya. Adapun pembatasan masalahnya, yaitu melakukan penjernihan air dengan menggunakan ijuk.

1.4       Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian kami menyusun makalah ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita akan pentingnya mengetahui penenggulangan air bersih yang baik dan benar. Karena tanpa kita sadari banyak sekali kerugian yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan bahan-bahan penjernihan air yang salah. Selain itu, makalah ini kami tujukan untuk memenuhi tugas Pendidikan Lingkungan Hidup kepada Bapak Arry Andaka.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1     Definisi
2.1.1     Penjernihan Air
Penjernihan air adalah proses pengolahan air kotor menjadi air bersih dan sehat. Arti dari kata air berarti cairan yang tidak begitu kentaldan lengket. Arti dari penjernihan adalah pembersihan terhadap kuman yang ada diair.
 Penjernihan air yang dapat dilakukan sangat beragam, cara penjernihan air dapat dilakukan baik secara alami maupun kimiawi. Cara-cara yang disajikan dapat digunakan di desa karena bahan dan alatnya mudah didapat. Bahan-bahannya anatara lain batu, pasir, kerikil, arang tempurung kelapa, arang sekam padi, tanah liat, ijuk, kaporit, kapur, tawas, biji kelor dan lain-lain.
. Namun, dalam hal ini kami membatasi objek yang akan kami bahas, yaitu Penjernihan air melalui penyaringan menggunakan ijuk.
                                                                                                                 
            


BAB III
PEMBAHASAN

3.1       Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan awal di hari pertama, kami membawa alat dan bahan tanggal 22 Januari 2011. Alat dan bahan akan kami uraikan di bab selanjutnya. Alat dan bahan tersebut kami gunakan untuk melakukan penelitian tentang penjernihan air yang kami lakukan.

3.2       Tahap Proses
Pada hari Sabtu tanggal 22 Januari 2011, kami mengadakan penelitian melalui uji praktek.

3.2.1     Alat Dan Bahan
  1. Arang tempurung kelapa secukupnya
  2. Ijuk kelapa secukupnya
  3. Pasir halus
  4. Batu kerikil
  5. Batu dengan garis tengah 2-3 cm atau batu berukuran kecil
  6. 2 Botol Aqua 1,5 liter yang telah dipotong menjadi 2

3.2.2     Pembuatan

1.    Sediakan 1 botol aqua yang telah terpotong (ambil bagian bawahnya) sebagai tempat  penampungan air bersih.
2.    Buat botol untuk penyaringan. Isi botol dengan bahan-bahan dimulai dari ijuk, pasir halus, arang tempurung kelapa, baru kerikil, dan batu-batu dengan garis tengah 2-3 cm atau batu berukuran kecil

3.2.3     Penggunaan
1.    Air sungai, telaga ataupun air kotor yang banyak mengandung lumpur dialirkan ke dalam botol penampungan, yang sebelumnya pada pintu masuk air diberi kawat kasa untuk menyaring kotoran.
2.    Setelah botol penuh air, lubang untuk mengalirkan air dibuka ke botol penyaringan.

3.    Selanjutnya beberapa menit kemudian air akan ke luar. Mula-mula air agak keruh, tetapi setelah beberapa waktu berselang air akan jernih.
Agar air yang keluar tetap jernih, lubang harus dibuat dalam ukuran kecil.

3.2.4     Pemeliharaan

1.    Ijuk dicuci bersih kemudian dipanaskan di matahari sampai kering.
2.    Pasir halus dicuci dengan air bersih di dalam ember, diaduk sehingga kotoran dapat dikeluarkan, kemudian dijemur sampai kering.
3.    Batu kerikil diperoleh dari sisa ayakan pasir halus, kemudian dicuci bersih dan dijemur sampai kering.
4.    Batu yang dibersihkan sampai bersih betul dari kotoran atau tanah yang melekat, kemudian dijemur.


3.3       Tahap Akhir
            Setelah mengadakan percobaan yang bertempat di SMAN 8 Tangerang, kami melakukan tahap penelitian terhadap hasil percobaan yang kami lakukan. Kemudian setelah tahap penelitian tersebut telah selesai, maka kami mendapatkan hasil untuk sebagai berikut:

KEUNTUNGAN
þ  Air keruh yang digunakan bisa berasal dari mana saja misalnya : sungai, rawa, telaga, sawah dan sumur.
þ  Cara ini berguna untuk desa yang jauh dari kota dan tempatnya terpencil.

KERUGIAN

þ  Air tidak bisa dialirkan secara teratur, karena air dalam jumlah tertentu harus diendapkan dulu dan disaring melalui bak penyaringan.
þ  Bahan penyaring harus sering diganti. Air harus dimasak lebih dahulu sebelum diminum.



BAB IV
KESIMPULAN
4.1       Kesimpulan
            Berdasarkan hasil percobaan yang telah kami lakukan pada tanggal 22 Januari 2011, maka dengan ini dapat kami simpulkan bahwa penjernihan air dapat dilakukan dengan cara sederhana yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja dengan aturan penggunaan yang telah dituliskan di atas.
            Serta dari hasil akhir percobaan kami, dapat kami simpulkan bahwa penjernihan air sederhana juga mempunyai keuntungan dan kerugian.

4.2       Saran
                        Kami menyarankan agar setiap orang harus mempunyai kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan dan limbah beracun yang dapat menimbulkan kesengsaraan bagi masyarakat sekitar. Hal itu juga berguna untuk meminimalisir pencemaran lingkungan terutama pencemaran air dimana air bersih sulit didapatkan. 

0 komentar:

Post a Comment

 

Sekolahku Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review